Beranda > 04. Artikel > Para Perempuan Tolinggula

Para Perempuan Tolinggula


“Salah satu prinsip dalam PNPM Mandiri Perdesaan adalah Kesetaraan dan Keadilan Gender. Pengertian prinsip kesetaraan dan keadilan gender adalah masyarakat baik lakiIaki dan perempuan mempunyai kesetaraan dalam perannya di setiap tahapan program dan dalam menikmati manfaat kegiatan pembangunan

 

clip_image003

clip_image001

Penulis: Samin Adam/FK Tolinggula

PNPM MPd, Gorontalo Utara,- Prinsip itu terlihat nyata di kalangan perempuan kecamatan Tolinggula. Dalam setiap kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan di kecamatan tersebut keterlibatan kaum perempuan mulai dari perencanaan sampai pada pelaksanaan sangat besar. Mereka berharap dapat menikmati hasil kegiatan yang dikerjakan sendiri, yang berdampak langsung bagi peningkatan taraf hidup keluarga. Dengan terlibat secara langsung dalam setiap tahapan program dan mendapatkan manfaatnya, maka rasa memiliki akan semakin tinggi terhadap PNPM Mandiri Perdesaan

clip_image005

clip_image006

Kecamatan Tolinggula merupakan satu-satunya kecamatan di Kabupaten Gorontalo Utara yang mendapat program MP3KI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia). Keberhasilan program ini sangatlah dirasakan oleh masyarakat Kecamatan Tolinggula. MP3KI sendiri adalah program nasional yang diluncurkan di tahun 2014  oleh pemerintah pusat dalam rangka mempercepat dan memperluas pengurangan kemiskinan di Indonesia. Sebanyak 436 kecamatan di seluruh Indonesia mendapatkan alokasi BLM. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa Tertinggal (BPM-PDT) Provinsi Gorontalo, Risjon Sunge mengatakan, dari alokasi dana program MP3KI, Provinsi Gorontalo mendapatkan jatah sebanyak 10 kecamatan yang tersebar di 4 kabupaten, diantaranya kabupaten Gorontalo (6 kecamatan), Boalemo (2 kecamatan), Pohuwato (1 kecamatan), dan kabupaten Gorontalo Utara (1 kecamatan) dengan total alokasi mencapai Rp. 33,364 Milyar. (Jurnal Gerbang, Edisi 21: April 2014, Tahun ke 4).

image

Kecamatan Tolinggula terletak di bagian ujung barat propinsi Gorontalo. Wilayahnya berbatasan dengan laut Sulawesi di sebelah utara, kabupaten Pohuwato di sebelah selatan, kecamatan Biau di sebelah timur dan propinsi Sulawesi Tengah di sebelah barat. Kecamatan Tolinggula memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 172.2 Km2, dengan jumlah desa sebanyak 10, yakni desa Limbato, Papualangi, Tolinggula Ulu, Tolinggula Tengah, Tolinggula Pantai, Cempaka Putih, Molangga, Ilotunggula, Tolite Jaya, dan Ilomangga.

clip_image001[10]

image

Masyarakat amat berharap agar kegiatan-kegiatan pembangunan desa melalui PNPM MPd dapat dilanjutkan terus. Kalaupun PNPM MPd akan berakhir, maka kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan akan tetap ada walaupun seperti apa namanya di kemudian hari. Amin.

“Sekian dan Salam Pemberdayaan”

(Unit KIE/DRogi)

 

Kategori:04. Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: