Beranda > 04. Artikel > Karman Hasan: Motivator dari Patilanggio

Karman Hasan: Motivator dari Patilanggio


clip_image002[1]

PNPM MPd, Gorontalo,- Karman Hasan nama lengkapnya. Pria yang berasal dari desa Iloheluma, Kecamatan Patilanggio, Kabupaten Pohuwato ini sekarang dipercaya untuk mengemban amanah sebagai ketua BP UPK Kecamatan Patilanggio. Di lingkungan kecamatan Patilanggio, beliau dikenal sebagai sosok yang kritis terhadap UPK dan memiliki komitmen tinggi terhadap pengawasan pengelolaan dana bergulir di Kecamatan Patilanggio.

Pak Karman, begitu beliau biasa disapa, kelahiran Motolohu tanggal 23 November 1973, semenjak menjabat sebagai ketua BP UPK, sering memberikan saran maupun kritikan kepada UPK guna perbaikan pengeloaan dana bergulir. Lelaki yang hanya berpendidikan SMP ini berhasil memotivasi lembaga UPK sehingga mampu meningkatkan persentasi tingkat pengembalian SPKP di Kecamatan Patilanggio. Proses pengawasan tidak hanya dilakukan pada pengelolaan kegiatan dana bergulir, melainkan juga pada pelaksanaan kegiatan Sarpras maupun kegiatan lainnya. Berkat upaya yang dilakukannya, sedikit banyak telah berpengaruh pada semakin membaiknya kualitas pelaksanaan program PNPM MPd T.A 2014 di Kecamatan Patilanggio.

Sosok Karman Hasan dapat menjadi inspirasi bagi UPK terhadap penanganan pinjaman bermasalah dan tunggakan kelompok. Berkat kerja kerasnya persentasi pengembalian SPKP di Kecamatan Patilanggio cenderung meningkat. Metode yang dilakukan adalah dengan cara melakukan kunjungan dan pembinaan lapangan secara langsung kepada kelompok kelompok penunggak.

clip_image002[3]

Salah satu prestasi yang dicapai oleh pria yang pekerjaan utamanya sebagai petani ini adalah dalam waktu tiga hari pembinaan dan pengawasan yang dilakukan, berhasil menagih jumlah tunggakan mencapai Rp. 29.451.000,- yang setorannya diantar`langsung oleh kelompok kepada UPK, seperti yang dituturkan oleh Ikram mahabu selaku FK Kecamatan Patilanggio.

Berdasarkan wawancara singkat dengan sosok Karman Hasan, yang juga merupakan penggemar olahraga ini menuturkan “apa untungnya buat saya ngurus masalah tunggakan SPKP? Lagian yang akan senang bukan saya melainkan UPK. Saya sebenarnya banyak kerjaan. Sawah dan kebun saya tidak ada yang urus. Akan tetapi karena saya telah berkomitmen untuk memperbaiki citra Kecamatan Patilanggio yang terkenal selalu bermasalah dalam pengelolaan PNPM Mandiri Perdesaan, inilah yang memotivasi saya untuk melakukan semua ini. Harapan saya adalah kepada semua pelaku agar memiliki komitmen yang sama untuk melakukan perbaikan ini.” Salah satu bukti komitmen dari pak Karman adalah beliau selalu bersedia dihubungi kapan pun melalui no hp nya 0823-4623-9555.

Maju terus pak Karman! Semoga tetap semangat dan sukses selalu!

Penulis: Nelsih Yana, Faskeu Kab. Pohuwato

Kategori:04. Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: