Beranda > 04. Artikel > Simpan Pinjam Dalam Kebajikan Bersama Kelompok Fastabiqul Khairat

Simpan Pinjam Dalam Kebajikan Bersama Kelompok Fastabiqul Khairat


clip_image002

PNPM MPd, Gorontalo,- Kelompok Fastabiqul Khairat merupakan nama sebuah kelompok perempuan yang bergerak dalam jenis usaha Simpan Pinjam atau SPKP. Saat ini memiliki jumlah anggota sebanyak 19 orang. Kelompok ini mulai berdiri pada tahun 2007 dengan Simpanan Pokok berjumlah Rp. 15.000.000,- Kelompok ini berasal dari desa Pentadu Timur, Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Sebagian besar masyarakat Desa Pentadu Timur memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Pada mulanya kelompok ini didirikan sebagai kelompok arisan dengan kegiatan utama berupa tadarus atau pengajian dengan anggotanya adalah ibu-ibu rumah tangga. Selanjutnya pada tahun 2011 kelompok ini mengajukan pinjaman ke UPK dengan maksud untuk memenuhi kebutuhan permodalan. Sebagian anggota memanfaatkan pinjaman untuk pembelian kulkas untuk pembuatan es batu. Usaha ini dilakukan dalam rangka membantu para nelayan yang membutuhkan es untuk pengawetan ikan hasil tangkapan.

clip_image002[5]

Kelompok Fastabiqul Khairat sampai saat ini memiliki pinjaman sebesar Rp.275.000.000, dengan tingkat pengembalian 100%. Dana yang dipinjam tersebut oleh sebagian besar anggotanya masih digunakan untuk membeli kulkas untuk pembuatan es batu yang kemudian dijual kepada para nelayan.

Rencana pengembangan kelompok adalah dengan menjadikan kelompok tersebut sebagai kelompok pengelola (Executing), dan saat ini sejak tanggal 14 November 2014, telah dilakukan sosialisasi terhadap pengurus kelompok tentang pengelolaan kelompok Executing

Hal yang dirasakan amat berkesan pada saat melakukan pendampingan terhadap kelompok ini adalah nilai kekeluargaan diantara anggota dan pengurus sangat tinggi. Selain itu kelompok ini juga selalu mengadakan pertemuan rutin melalui kegiatan keagamaan. Hal lain yang juga membanggakan adalah pinjaman dari UPK dimanfaatkan dengan maksimal oleh anggota untuk pengembangan usaha. Pengurus kelompok dan anggota memiliki keinginan yang tinggi untuk mengembangkan kelompok agar semakin maju perkembangan usahanya.

Penulis: Opan Hamzah, FPPU Kab. Boalemo

Kategori:04. Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: