Beranda > 04. Artikel > Persaudaraan PNPM Pinogu

Persaudaraan PNPM Pinogu


IMG_7759 (800x600)

PNPM MPd Gorontalo, – Dibutuhkan solidaritas yang kuat untuk dapat bertahan hidup di Pinogu. itulah kesimpulan saya ketika sampai daerah tersebut. Dan ternyata hal itu memang terbukti. Suasana ramah, akrab dan penuh persaudaraan begitu terasa ketika tiba disana. Baik dengan TPK, FK, FT, UPK, aparat desa/kecamatan maupun masyarakat pada umumnya. Mungkin karena lokasinya yang terpencil dan sulit dijangkau membuat jalinan persaudaraan di Pinogu menjadi lebih terasa jika dibanding tempat lainnya.

Pinogu sendiri adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Sebelumnya Pinogu merupakan satu desa yang menjadi bagian dari Kecamatan Suwawa Timur (yang juga merupakan pemekaran dari kecamatan Suwawa). Baru pada tahun 2012 dimekarkan menjadi satu kecamatan yang berdiri sendiri. Pinogu yang sebelumnya hanya merupakan satu desa akhirnya menjadi satu kecamatan yang terdiri dari 5 desa, yakni desa Bangio, Pinogu Permai, Tilonggibila, Pinogu, dan Dataran Hijau. Desa berpenduduk 2.447 jiwa ini berada di pedalaman hutan kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

IMG_7804-vert

Kantor UPK Kecamatan Pinogu beserta Papan Informasinya

Letak Pinogu sekitar 45 kilometer dari desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa Timur, yang menjadi satu-satunya pintu masuk menuju Pinogu. Ada tiga cara menuju Pinogu, yakni dengan helikopter lewat udara, berjalan kaki menembus hutan  ikut jalan setapak, naik turun gunung, menyebrangi beberapa sungai, dengan waktu tempuh sekitar 8 jam perjalanan. Atau melalui jalan panjang, naik ojek, menembus hutan juga, naik turun gunung , berjuang melewati beberapa titik-titik kritis selama kurang lebih 4 jam, tergantung kondisi jalan pada saat itu.  Tidak gampang untuk mencapai Pinogu. Dibutuhkan persiapan ekstra, fisik prima dan mental baja, terutama  bagi orang yang baru pertama kali ke Pinogu. “Hanya orang yang memiliki tekat kuat yang sampai di Pinogu”, seperti yang disampaikan langsung oleh Bapak Harun Maini, mantan Ayahanda desa Pinogu, kepada saya. Pak Harun, yang juga mantan Kepala Sekolah SDN Pinogu ini rumahnya saya tinggali selama 3 hari di Pinogu.

IMG_7679 (800x600)-vert

Kontribusi PNPM dalam bidang pendidikan anak usia dini berupa pekerjaan PAUD/TK

Kecamatan Pinogu merupakan salah satu lokasi PNPM yang paling sulit dijangkau. Dalam kategori akses lokasi, maka  posisi Pinogu ditempatkan sebagai satu-satunya kecamatan di Provinsi Gorontalo yang mendapatkan kategori ‘ekstrem’. PNPM MPd sendiri sudah masuk ke Pinogu sejak tahun 2007 ketika masih status desa yang menjadi bagian dari kecamatan Suwawa Timur. Sampai saat ini sudah amat banyak kontrubusi PNPM MPd dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat Pinogu, seperti jalan desa, drainase, listrik maupun sarana pendidikan dan kesehatan seperti TK, PAUD, dan Puskesmas.

IMG_7805

Peningkatan jalan desa juga bagian dari kontribusi PNPM terkait infrastruktur perdesaan

Untuk tahun 2014 ini dana PNPM MPd dialokasikan ke Pinogu sebesar lebih dari Rp 1,5 Miliar. Belum lagi ditambah dengan kegiatan dari PNPM Integrasi. Semua dana itu untuk membangun berbagai sarana prasarana desa serta kelompok SPKP. Jenis kegiatannya adalah Pekerjaan Saluran Drainase di desa Tilonggibila, Penerangan listrik (diesel) di desa Bangio dan Tilonggibila, Pengadaan Accu dan Instalasi di desa Pinogu Permai, dan Pembangunan TK/PAUD di desa Pinogu Permai. Untuk SPKP yang mendapatkan bantuan adalah desa Dataran Hijau, Tilonggibila, dan Pinogu Permai. Sedangkan kegiatan prasarana sarana dari PNPM integrasi yang mendapatkan bantuan adalah desa Pinogu Permai untuk Pekerjaan Saluran Drainase dan desa Dataran Hijau untuk Pekerjaan MCK dan Sumur Gali. Dengan banyaknya bantuan ini diharapkan Pinogu dapat mengejar berbagai ketinggalannya dibanding wilayah-wilayah lainnya di Provinsi Gorontalo. Sebagaimana yang disampaikan oleh Camat Pinogu, Abd. Wahab Hadju, SH, bahwa program PNPM ini amat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat dan diharapkan dilanjutkan terus di masa-masa yang akan datang. Terkait dengan penerapan UU Desa di tahun 2015 mendatang, bapak Camat pun amat berharap akan ada pendampingan khusus terkait pelaksanaannya. Semoga! (Unit KIE/DRogi)

 

Bangio diesel (800x600)

Tilonggibila diesel (600x800)

Bantuan penerangan listrik menggunakan diesel di desa Bangio dan Tilonggibila

 

IMG_7944

Ziarah ke kuburan keramat bersama FT, UPK, dan salah seorang tokoh masyarakat Pinogu

Kategori:04. Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: