Beranda > 04. Artikel > Eyang.. Perempuan Satu Miliar Dari Molangga

Eyang.. Perempuan Satu Miliar Dari Molangga


PNPM MPd, Gorontalo,- Urusan uang miliaran ternyata tidak identik dengan orang kota atau kaum laki-laki. Nyatanya di salah satu pelosok terpencil perbatasan provinsi Gorontalo terdapat satu sosok perempuan yang sudah biasa berurusan dengan uang miliaran rupiah. Perempuan itu memiliki nama lengkap Eyang Panigoro. Mulai dari lahir sampai sekarang berdomisili di desa Molangga Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorotalo Utara. Sebuah wilayah di pesisir utara Gorontalo yang berbatasan dengan Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah dan berdampingan dengan laut Sulawesi.

IMG_7421

Eyang Panigoro, berjilbab merah, sedang menjalani proses audit administaris dan keuangan TPK

Bertugas sebagai Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dari tahun 2009 sampai sekarang. Dari posisi sebagai ketua, sekretaris, bendahara, semua sudah dijalaninya. Baginya kepercayaan dari desa dan masyarakat yang diberikan merupakan suatu amanah yang harus dipertanggunjawabkan sebaik mungkin. TPK sendiri adalah sebuah tim yang terdiri dari anggota masyarakat yang dipilih melalui musyawarah desa sosialisasi. TPK mempunyai fungsi dan peran untuk mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan di desa dan mengelola administrasi serta keuangan PNPM Mandiri Perdesaan. TPK sekurang-kurangnya terdiri dari Ketua, Bendahara, dan Sekretaris. Perempuan kelahiran 25 desember 1977 yang biasa disapa dengan nama “Eyang”  ini sekarang menduduki posisi sebagai ketua.

Eyang saat ini berusia 37 tahun. Seperti yang disampaikan oleh Eyang bahwa keterlibatannya dalam kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan selama lima tahun ini amat berkesan dan membawa banyak manfaat. Selain menambah wawasan dan pengalaman dalam membantu memperbaiki penghidupan masyarakat miskin, Eyang juga bersyukur karena dengan mengenal PNPM,  dapat bertambah keterampilannya dalam bidang administrasi keuangan dan komputer. Dan seperti yang diakuinya yang paling berkesan dari PNPM ini adalah prinsip transparansi dari manajemen proyek PNPM. Sebagai TPK dari tahun 2009, Eyang telah mengelola dana BLM dari PNPM MPd sekitar Satu Miliar lebih.

IMG_7424IMG_7423

Satu Miliar lebih yang pernah dikelola oleh Eyang selaku ketua TPK untuk berbagai kegiatan pembangunan desa

Untuk ukuran perempuan yang selama hidupnya tinggal di pelosok terpencil desa, sosok ibu dua anak ini memang luar biasa. Disamping kesibukannya sebagai ketua TPK, Eyang juga saat ini diberi kepercayaan sebagai Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) desa Molangga. Seperti yang dituturkan oleh sekretaris TPK, Hartaty Pomalingo, yang menjadi teamnya selama setahun terakhir ini, Eyang merupakan perempuan pekerja keras dan bertanggungjawab. Tidak heran jika kemudian dipercaya untuk menduduki sebagai ketua LPM periode ini.

IMG_7433

Dalam kesehariannya, perempuan yang memiliki falsafah “Menjalani Hidup Seperti Air” ini merupakan ibu rumah tangga biasa. Disamping tugas utamanya melayani suami dan kedua anaknya, Anak pertama 15 tahun, sudah di bangku SMA dan anak kedua 11 tahun, kelas 2 SD, Eyang juga dalam membantu ekonomi keluarga memiliki usaha kios di rumahnya yang menjual kebutuhan harian rumah tangga di kampungnya.

Nilai lebih lainnya dari Eyang adalah saat ini sedang menyelesaikan kuliah S1 jurusan Pendidikan Guru PAUD di Universitas Terbuka (UT). Bagi Eyang pendidikan amat penting dan harus dikejar setinggi mungkin. Dimanapun dengan cara apapun yang namanya belajar tidak mengenal kata henti. Makanya Eyang memilih untuk kuliah di UT mengingat berbagai aktifitasnya sebagai aktivis perempuan sekaligus ibu rumah tangga.

“Selamat berjuang Eyang.. Semoga sukses dan amanah selalu”.

(Unit KIE/DRogi)

 

IMG_7427Biodata singkat:

Nama: Eyang Panigoro

Umur: 37 tahun

Status: IRT, memiliki 2 anak.

TTL: Tolinggula, 25 Desember 1977

No Hp: 085249179658

Alamat: Desa Molangga, Kec. Tolinggula Kab. Gorontalo Utara

Pendidikan: SMA (sekarang kuliah di UT)

Jabatan: Ketua TPK  (2009 – 2014) dan ketua LPM desa Molangga

Motto: “Menjalani hidup seperti air mengalir”

Kategori:04. Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: