Beranda > 04. Artikel > Pasar Desa Kalimas; “Wujud Kerjasama Desa, Pemda, dan PNPM ”

Pasar Desa Kalimas; “Wujud Kerjasama Desa, Pemda, dan PNPM ”


image

Peningkatan pasar desa Kalimas melalui PNPM MPd TA 2014

PNPM MPd, Gorontalo,- Pasar desa Kalimas pada Kamis siang itu tampak amat sepi. Hanya terlihat beberapa pekerja yang sedang melanjutkan  pengerjaan proyek peningkatan pasar desa yang dibantu melalui PNPM Perdesaan TA 2014. Pasar desa Kalimas memang merupakan pasar mingguan. Hanya aktif beroperasi seminggu sekali. Sebagaimana disampaikan oleh FT Kec. Taluditi, Ir. Baharuddin, bahwa waktu kunjungan kurang tepat karena datang sehari setelah hari pasar yang jatuh pada hari Rabu. Jika ingin melihat bagaimana geliat pasar Kalimas, maka datanglah pada hari Rabu pagi. Berbagai macam dagangan dijajakan di pasar tersebut. Dari mulai kebutuhan harian untuk masyarakat setempat, berbagai jenis pakaian model terbaru, komuditas pertanian setempat seperti cokelat, beras, jagung, dll, sampai pedagang ikan dan daging ternak ada di pasar itu. Mulai pedagang dan warga setempat dari beberapa desa di kecamatan Taluditi dan Wanggarasi sampai pedagang yang berasal dari Randangan bahkan Marisa mengadu peruntungannya di pasar tersebut.

 

image

Profil desa Kalimas sebagaimana termuat dalam RPJMDes

Pembangunan Pasar Desa Kalimas ini terlaksana melalui PNPM Mandiri Perdesaan TA 2014. Menelan anggaran sebesar Rp. 319.419.900 dengan ukuran pasar 49 x 13 M2 berbentuk Los Pasar. Kegiatan ini masih merupakan peningkatan dari kegiatan sebelumnya di tahun 2013, yang mana desa Kalimas mendapat anggaran pembangunan pasar sebanyak 2 unit Los Pasar dengan jumlah anggaran Rp. 327.377.700,- Pembangunan pasar ditujukan agar para pedagang setempat yang biasa berdagang di lokasi lama pasar mingguan desa Kalimas mendapatkan tempat baru yang lebih layak untuk menjajakan dagangannya. Setelah selesai dibangun tahun lalu, seiring dengan waktu jumlah pedagang semakin bertambah, yang awalnya hanya berkisar sekitar 40 lapak pedagang kemudian meningkat menjadi 120 lapak pedagang. Dan sekarang setelah pembangunannya dilanjutkan pada TA 2014 ini maka total pedagang yang akan menggunakan lapak menjadi sekitar 200 lapak pedagang dengan jenis dagangan yang semakin beragam.

image

Pasar desa Kalimas hasil dari kegiatan PNPM MPd TA 2013

Kondisi ini walaupun merupakan petunjuk awal yang baik dari menggeliatnya ekonomi pasar desa, namun di sisi lain juga cukup merepotkan pihak pengelola pasar. Hal ini disebabkan karena semakin tingginya permintaan los oleh pedagang untuk berjualan namun disisi lain daya tampung pasar masih tetap belum mencukupi. Melihat situasi yang terjadi ini maka atas inisiatif Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi membangun tambahan satu unit Los Pasar yang terdiri 15 ruangan untuk pedagang sembilan bahan pokok. Diharapkan dengan dibangunnya tambahan los oleh Dinas Perindakop maka daya tampung pedagang akan teratasi dengan baik.

image

Satu unit los pasar bantuan dari Pemda Kabupaten Pohuwato

Pada saat diskusi bersama para pedagang pasar di warung yang sedang menjual makanan terbahas tentang rencana pengelolaan pasar kedepannya. Disampaikan bahwa pemanfaatan dan pelestaraian serta keberlanjutan pasar ini bergantung pada Tim Pemanfaat dan Pemelihara Prasarana  (TP3) . Contohnya seperti perawatan sarana prasarana pasar yang sudah ada, atau masih minimnya sarana MCK, tempat pembuangan sampah, termasuk rencana tambahan khusus untuk membuat pasar ternak. Semua itu tentu membutuhkan rencana pengelolaan yang jelas. Oleh sebab itu perlu segera dibentuk Tim Pemanfaat dan Pemelihara Prasarana, termasuk dilakukan pelatihan untuk pengelolaan pasar desa serta pembuatan Perdes tentang pasar desa.

Semua hal terkait optimalisasi fungsi dan manfaat pasar desa masih amat dimungkinkan untuk dikembangkan lebih maksimal lagi. Hal itu tergantung dari semua pelaku PNPM MPd yang ada bersama-sama Pemerintah Desa mampu mewujudkan visi desa sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Desa Kalimas sendiri sesuai dengan dokumen RPJMDes yang ada memiliki visi “Terwujudnya Masyarakat Desa Kalimas Yang Sejahtera, Agamis, dan Demokratis Menuju Masyarakat Desa Kalimas Yang Lebih Berkualitas”. (*informasi dari tulisan Fastekab Pohuwato dan kunjungan lapangan unit KIE/DRogi)

image

Pemberitaan tentang pasar desa Kalimas oleh koran lokal.

Kategori:04. Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: