Beranda > 04. Artikel > DESA MOLONTADU; BONUS WISATA DARI TAMBATAN PERAHU

DESA MOLONTADU; BONUS WISATA DARI TAMBATAN PERAHU


IMG_6392 (1280x957)

Monitoring kegiatan bersama pelaku PNPM di Kab. Gorontalo Utara, Kec. Tomilito, desa Molontadu

PNPM MPd, Gorontalo – “Setelah diresmikan oleh Bapak Wakil Bupati Gorontalo Utara, Drs. H. Roni Imran pada tanggal 8 Agustus 2014 yang lalu, melalui Tambatan Perahu ini, secara perlahan desa Molontadu mulai ramai didatangi oleh para pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai yang indah dan masih alamiah”. Seperti yang dituturkan langsung oleh Ketua FK Kec. Tomilito, Ronald Ismail. Lokasi pesisir pantai yang menjadi tempat kegiatan PNPM MPd TA 2014 ini memang menawarkan suasana kedamaian pantai yang eksotis, khususnya di waktu sore hari atau “sunset”.

IMG00457-20130619-1801 (1024x758)

Suasana Sunset pada salah satu titik di Kab. Gorontalo Utara

Desa Molontadu adalah salah satu desa yang terletak di kecamatan Tolimito Kabupaten Gorontalo Utara. Berada persis di pinggir jalan raya Trans Sulawesi dan terletak di sebelah utara ibukota kecamatan, desa ini memiliki luas lahan sekitar 5400 Ha. Desa ini berbatasan dengan desa Huido Melito di sebelah Utara, desa Bubode di sebelah Timur, desa Bulango Raya di sebelah Selatan, dan laut Sulawesi di sebelah Barat. Nama desa Molontadu sendiri berasal dari beberapa kata yang memiki arti dan makna tersendiri yakni “Molentadu” yang artinya satu hamparan dataran tinggi dengan nama gunungnya ‘Melito’, “Mongentadu” artinya mengintai atau memantau, “Ilentadu” yang artinya pengintaian. Jadi Molontadu artinya kurang lebih adalah satu hamparan dataran tinggi yang yang digunakan sebagai tempat pengintaian. Jika kita perhatikan dari arah pantai memang terlihat wilayah desa Molontadu memiliki bentuk topografinya berbukit-bukit. Kehidupan masyarakat di desa ini tergolong menengah ke bawah, dengan tingkat pendidikan dan keterampilan yang masih rendah. Pada umumnya mata pencaharian penduduk adalah petani atau buruh tani. Hal ini tergambar dari pemanfaatan lahan yang sebagian besar sebagai lahan pertanian. Tanaman unggulan meliputi tanaman pangan yaitu padi, jagung dan sayur-sayuran. Selain petani atau buruh tani, mata pencaharian penduduk lainnya seperti pedagang, nelayan, guru, tukang, buruh bangunan. (Dokumen RPJMDes Molontadu).

IMG_6435

Diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara, Drs. H. Roni Imran

Salah satu aset terbaru dari desa Molontadu adalah Tambatan Perahu. Pekerjaan ini merupakan kegiatan masyarakat yang didanai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd) Tahun Anggaran 2014 dengan total anggaran mencapai Rp. 316.531.000,- dengan swadaya masyarakat Rp. 1.116.000,- Dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat, dengan volume 250 x 2 meter. Menurut Tim Pengelola Kegiatan (TPK) desa Molontadu yang dikomandani oleh Tarip Akili sebagai Ketua, Nova Imran sebagai Sekretaris, dan Yahran Pahrin sebagai Bendahara, pembuatan Tambatan Perahu ini dimaksudkan untuk membantu para nelayan yang ada di desa Molontadu maupun desa sekitarnya menambatkan perahunya dengan mudah dan aman baik ketika pasang maupun surut atau pun ketika cuaca sedang tidak bersahabat.

IMG_6432-vert (851x1280)

Baik pasang atau surut maupun cuaca buruk diharapkan Tambatan Perahu ini dapat membantu para nelayan desa Molontadu dan desa sekitarnya menambatkan perahunya dengan mudah dan aman

Namun tanpa disangka-sangka setelah diresmikan oleh Wakil Bupati beberapa waktu lalu, masih menurut TPK, ternyata cukup banyak orang-orang dari desa sekitar bahkan sampai Kwandang yang ingin melihat secara langsung dan menikmati suasana di lokasi tersebut. Kunjungan biasanya cukup ramai di sore hari, lebih khusus lagi ketika hari libur tiba. Untuk mengantisipasi hal tersebut, rencana selanjutnya pemerintah desa akan membentuk aturan untuk mengelola dan memelihara tempat ini maupun kelompok pengelolanya (TP3). Karena selain memang akan dibutuhkan pemeliharaan untuk tempat ini, seperti mengganti kayu atau papan yang rusak, pengelolaan diperlukan untuk mencegah dampak negatif dari  banyaknya orang-orang yang akan berkunjung, seperti persoalan sampah, persoalan sosial seperti pasangan muda-mudi berpacaran yang tidak mengenal norma sosial setempat lagi, sampai masalah tempat MCK. Karena jika melihat potensinya, lokasi Tambatan Perahu desa Molontadu ini punya peluang besar untuk berkembang menjadi salah satu lokasi wisata yang ramai dikunjungi orang-orang untuk berbagai keperluan wisata atau rekreasi, dari sekedar menikmati pemandangan, memancing, berenang, wisata perahu, bahkan mungkin sampai menyelam. Melalui lokasi ini juga bisa dijadikan titik berangkat menuju desa Mutiara Laut atau ke Kepulauan Ponelo. Dengan meningkatnya kunjungan, diharapkan akan berdampak langsung kepada peningkatan pendapatan masyarakat sekitar melalui berbagai usaha kecil semacam warung-warung  yang menjual makanan  minuman dan keperluan lainnya bagi para pengunjung yang hadir, seperti sewa MCK, peralatan pancing, renang, perahu, suvenir, dsb.

IMG_6423-vert

Design kerangka bangunan yang kuat akan menjamin lamanya waktu pemanfaatan.

Semua hal tersebut masih amat dimungkinkan untuk dikembangkan ke arah yang positif demi menunjang pengembangan desa Molontadu selama tempat tersebut bisa dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kuncinya adalah bagaimana semua pelaku PNPM MPd yang ada di desa, termasuk Aparat Desa secara bersama-sama memiliki visi bagaimana desa kedepannya serta dapat mengenali potensi maupun kendala yang ada, yang kemudian mengelolanya menjadi sebuah kekuatan yang dapat digunakan untuk kemajuan desa. Semoga! (KIE/DRogi)

IMG_6399-vert

Kategori:04. Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: