Beranda > 03. Peningkatan Kapasitas > PELESTARIAN KEGIATAN PNPM MANDIRI PERDESAAN

PELESTARIAN KEGIATAN PNPM MANDIRI PERDESAAN


Setiap kerusakan pada semua aset desa yang berharga hendaknya segera diperbaiki demi keberlanjutan pemanfatannya.

Setiap kerusakan pada semua aset desa yang berharga hendaknya segera diperbaiki demi keberlanjutan pemanfatannya.

PNPM MPd, Gorontalo – Pengelolaan kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan harus dijamin dapat memberi manfaat kepada masyarakat secara berkelanjutan (sustainable). Di samping manfaat dari hasil kegiatan, aspek pemberdayaan, sistem dan proses perencanaan, aspek good governance, serta prinsip-prinsip PNPM Mandiri Perdesaan harus memberi dampak perubahan positif secara berkelanjutan bagi masyarakat. Untuk dapat mencapai hal itu maka semua pelaku PNPM Mandiri Perdesaan harus mengetahui dan mampu memahami latar belakang, dasar pemikiran, prinsip, kebijakan, prosedur, dan mekanisme PNPM Mandiri Perdesaan secara benar.

1. Hasil Kegiatan
Hasil-hasil kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan yang berupa prasarana, simpan pinjam, dan kegiatan bidang pendidikan dan kesehatan merupakan aset bagi masyarakat yang harus dipelihara, dikembangkan, dan dilestarikan.
Sebagaimana sanksi yang ditentukan dari pemerintah, bahwa jika hasil kegiatan tidak dikelola dengan baik seperti tidak terpelihara atau bahkan tidak bermanfaat atau pengembalian macet maka desa atau kecamatan tidak akan mendapat dana PNPM Mandiri Perdesaan untuk tahun berikutnya.
Hasil kegiatan merupakan asset desa.perlu dibuat kebijakan terkait dengan Perda dan Perdes perlindungan dan pelestarian aset. Proses pelestarian sendiri perlu dirumuskan sesuai dengan jenis dan kharakteristik pelestariannya. Misalkan aset-aset yang bersifat produkti seperti pengelolaan air bersih dan pasar desa dapat dikelola dengan BUMDes. Sementara itu, aset-aset yang membutuhkan dukungan pendanaan dari swadaya masyarakat dan desa maka perlu didimasukan dalam APBDes dan usulan yang perlu mendapat dukungan pendanaan dari APBD maka perlu dimasukan dalarn usulan kegiatan dari pembiayaan APBD.

2. Proses Pelestarian
Pelestarian kegiatan merupakan tahapan pascapelaksanaan yang dikelola dan merupakan tanggung jawab masyarakat. Namun demikian dalam melakukan tahapan pelestarian, masyarakat tetap berdasarkan atas prinsip PNPM Mandiri Perdesaan.
Hasil yang diharapkan dari upaya pelestarian kegiatan adalah:
a. Keberlanjutan proses dan penerapan prinsip, sistem, mekanisme PNPM Mandiri Perdesaan dalam pelaksanaan pembangunan secara partisipatif di masyarakat dan pengintegrasian dengan sistem pembangunan reguler;
b. Menjamin berfungsinya secara berkelanjutan prasarana/sarana yang telah dibangun, kegiatan yang menunjang kualitas hidup masyarakat bidang pendidikan-kesehatan, serta pengembangan kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan dengan kemampuan masyarakat sendiri;
c. Menjamin kelanjutan sistem dan mekanisme pengelolaan dana masyarakat;
d. Meningkatkan berfungsinya kelembagaan masyarakat di desa dan kecamatan dalam pengelolaan program;
e. Menumbuhkan dan meningkatkan rasa memiliki masyarakat terhadap hasil kegiatan yang telah dilaksanakan.

3. Komponen Pendukung Pelestarian
Guna mendukung upaya pelestarian maka diperlukan beberapa komponen
a. Peningkatan kemampuan teknis dan manajerial yang harus dimiliki oleh kelompok-kelompok masyarakat, TPK, serta pelaku-pelaku lain PNPM Mandiri Perdesaan di des a dan kecamatan;
b. Penyediaan sistem dan mekanisme monitoring, evaluasi, perencanaan, dan pengendalian secara partisipatif yang memungkinkan anggota masyarakat dapat mengetahui serta ikut mengontrol kegiatan yang direncanakan, sedang berjalan, maupun yang sudah selesai dilaksanakan;
c. Penguatan lembaga-Iembaga masyarakat di kecamatan dan desa, termasuk lembaga pengelola prasarana/sarana;
d. Mengembangkan BUMDes menjadi bagaian dalam pelembagaan pelestaraian aset-aset produktif di tingkat desa;
e. Memperkuat kelembagaan BKAD menjadi bagian dalam pelembagaan pelestarian aset-aset produktif;
f. Kebijakan pemerintahan lokal dan desa menjadi bagian dari kepastian legalitas pelembagaan aset-aset produktif.
Selama tahap pelestarian peran kader desa dan teknik secara berkelanjutan sangat diharapkan, mengingat yang bersangkutan telah memperoleh alih pengetahuan dan ketrampilan dari para Fasilitator.

4. Sistem Pemeliharaan
Sistem pemeliharaan PNPM Mandiri Perdesaan diarahkan kepada adanya perawatan dan pengembangan berbagai sarana dan prasarana yang ada, sehingga dapat secara terus-menerus dimanfaatkan oleh masyarakat secara efektif dan efisien.
Untuk menjamin terjadinya pemeliharaan, kegiatan yang harus dilakukan adalah:
a. Rencana pemeliharaan sudah dimasukkan dalam usulan kegiatan. Tim Pemelihara segera dibentuk dan dilatih paling lambat setelah MAD Penetapan Usulan. Tim Pemelihara selanjutnya dilibatkan dalam memantau pekerjaan yang dilakukan oleh TPK;
b. Untuk setiap jenis prasarana tertentu, telah dibuat daftar penanggung jawab dan penetapan iuran;
c. Untuk jenis kegiatan lain, ditetapkan kelompok pengelola dan pemeliharaan;
d. PJOK akan dilibatkan dalam rangka pemantauan pemeliharaan rutin;
e. Pada dokumen penyelesaian harus sudah disediakan garis besar rencana pemeliharaan yang diwajibkan sebagai lampiran SP3K.

5. Pelatihan Pemeliharaan
Fasilitator Kecamatan dibantu Fasilitator Kabupaten wajib memberikan pelatihan kepada anggota Tim Pemelihara atau yang ditunjuk pada waktu pelaksanaan program hampir selesai. Dalam pelatihan tersebut, masyarakat diberi penjelasan mengenai kepentingan pemeliharaan, organisasi pengelola dan pemeliharaan, dan teknik-teknik yang digunakan seperti: teknik membuat inventarisasi masalah dan teknik memperbaikinya. Di samping itu akan dilakukan praktik di lapangan agar materi pelatihan lebih dapat dipahami.
(Sumber: PTO 2014 PNPM MPd; DARogi/IEC)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: