Beranda > 05. Umum > Seleksi Aktif Fasilitator Kabupaten Perguliran dan Pengembangan Usaha Terlaksana

Seleksi Aktif Fasilitator Kabupaten Perguliran dan Pengembangan Usaha Terlaksana


Melalui metode FGD kemampuan calon fasilitator dinilai.

Melalui metode FGD kemampuan calon fasilitator dinilai.

PNPM MPd, Gorontalo – Dalam rangka penguatan dan pengembangan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) serta peningkatan kapasitas Kelompok Simpan Pinjam dan Kelompok Usaha Ekonomi Produktif, telah dilaksanakan proses seleksi aktif Fasilitator Kabupaten Perguliran dan Pengembangan Usaha (F-PPU) dari tanggal 19 – 20 Juni bertempat di hotel Paradise dan di kantor Koordinator Provinsi (Korprov) PNPM MPd Provinsi Gorontalo.

Setelah penetapan Short List Calon Fasilitator oleh Satker Pusat, akhirnya 10 orang calon F-PPU mengikuti tahapan seleksi aktif. Proses seleksi ini meliputi Tes Komputer (Excel, Word, Power point dan pengelolaan E-mail), Tes Tertulis, Tes Wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Hari pertama pelaksanaan yakni tes tertulis untuk mengetahui kemampuan para fasilitator khususnya berkaitan dengan materi sesuai dengan kompetensi dasar fasilitator. Setelah tes tertulis dilanjutkan dengan proses wawancara. Dalam proses ini selain memastikan kelengkapan dan keakuratan data pribadi/berkas lamaran calon fasilitator, maka yang tidak kalah penting adalah wawancara untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan, kemampuan, dan komitmen calon fasilitator tentang berbagai macam aspek seperti wawasan mengenai pemberdayaan masyarakat, komitmen dan motivasi kerja, kesanggupan menyediakan waktu secara penuh, kesanggupan bertempat tinggal di lokasi tugas, pemahaman terhadap budaya dan bahasa daerah calon lokasi tugas, dan kompetensi di bidang keahlian masing-masing. Bidang keahlian untuk Faskab PPU seperti Akutansi dan Manajemen Keuangan, Manajemen Usaha Kecil dan Pemasaran, Lembaga Keuangan dan Non Keuangan, Pendampingan Usaha Kecil dan Kelompok.

Hari kedua, proses seleksi diawali dengan FGD. Aspek yang dinilai dalam FGD ini antara lain penguasaan pokok masalah, kemampuan mediasi, kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuan kerjasama, serta sikap dan kepribadian. Materi atau pokok bahasan yang akan digunakan dalam FGD adalah materi umum yang berhubungan dengan tugas pemberdayaan masyarakat serta hal-hal lain yang berhubungan dengan program penanggulangan kemiskinan. Setalah proses FGD selesai, proses terakhir seleksi adalah kemampuan teknis komputer, seperti Word, Excel, Power Point, dan pengelolaan E-mail.

Proses seleksi ini dilaksanakan dalam rangka menjaga kualitas pendampingan dalam pelaksanaan kegiatan PNPM MPd. Untuk itu dibutuhkan fasilitator-fasilitator yang berkualitas dan memiliki wawasan luas, serta standar kompetensi yang sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan agar pelaksanaan program dapat berjalan sesuai prinsip maupun prosedur program. Fasilitator yang terlibat dalam proses pemberdayaan masyarakat memiliki kewajiban moral untuk memberdayakan masyarakat dalam bidang ekonomi dan sosial, sehingga masyarakat tidak menjadi obyek pembangunan tetapi menjadi masyarakt yang mandiri. Seleksi aktif ini dilaksanakan untuk mengisi kekosongan fasilitator, sebagai akibat adanya penambahan lokasi baru maupun adanya posisi baru seperti Fasilitator Perguliran dan Pengembangan Usaha.

Danny Rogi (Sp.IEC)

Kategori:05. Umum
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: