Beranda > 04. Artikel > Mongolia Kembali Belajar PNPM Mandiri

Mongolia Kembali Belajar PNPM Mandiri


Mongolia kembali ke RI untuk lebih memperdalam PNPM Mandiri, terutama PNPM Mandiri Perdesaan.
imageDelegasi dari Mongolia kembali ke Indonesia untuk belajar lebih banyak mengeni Pemberdayaan Masyarakat, melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri). Salah satu tujuannya, untuk diterapkan di negara mereka. “Kami memiliki program serupa di Mongolia, namun kami ingin belajar lebih banyak dari Indonesia, ” kata Project Director program Sustainable Livelihoods Project (SLP) atau Program Matapencaharian Berkelanjutan Mongolia Khashtsetseg Adiya di Kantor Menkokesra, Jakarta, Senin (8/3).

Delegasi dari Mongolia tersebut datang ke kantor Menkokesra untuk menyampaikan niat mereka yang ingin belajar lebih banyak mengenai program PNPM di Indonesia agar dapat diimplementasikan di wilayahnya. Khashtsetseg Adiya menjelaskan, pihaknya menilai program PNPM di Indonesia cukup sukses, karena itu Mongolia ingin belajar lebih banyak mengenai program tersebut di Indonesia.

Menurut Khashtsetseg, sangat penting bagi Mongolia untuk belajar mengenai program PNPM di Indonesia agar program SLP yang kini telah memasuki tahap kedua ini berjalan lebih baik. Ia juga menjelaskan, program SLP tahap kedua ini dilaksanakan di seluruh provinsi di Mongolia yang berjumlah 21 provinsi. “Program ini fokus pada upaya peningkatan perekonomian keluarga miskin, ” katanya, sebagaimana dikutip Antara.

Ini merupakan kunjungan kedua kalinya, setelah delegasi pertama melakukan kunjungan ke lokasi PNPM Mandiri di Jawa Tengah, awal Desember 2009.SLP sendiri memiliki empat komponen kegiatan yang menjadi fokus yakni meningkatkan kuantitas, kualitas dan tanggung jawab pengelolaan ternak, mendorong keterlibatan masyarakat dalam kegiatan/perencanaan pembangunan, meningkatkan akses warga desa ke sumber pendanaan dan menjamin kualitas pelaksanaan program dan peningkatan kapasitas warga.

Sementara itu, Deputi Bidang Penanggulangan Kemiskinan Menkokesra Sudjana Royat mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia menyambut baik niat Mongolia yang ingin belajar mengenai program PNPM dari Indonesia. Menurut dia, hal tersebut dapat diartikan bahwa program PNPM di Indonesia telah menginspirasi Mongolia dan mungkin saja negara lainnya. Delegasi Mongolia direncanakan akan melihat secara langsung kegiatan program PNPM Mandiri Perdesaan di wilayah Bali mulai Selasa-Kamis (9-11/03-2010). (ant/im)

Kategori:04. Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: