Beranda > 04. Artikel > PNPM Mandiri Tekan Angka Kemiskinan Hingga 50%

PNPM Mandiri Tekan Angka Kemiskinan Hingga 50%


Angka kemiskinan di Bantul, DIY, berhasil ditekan hingga 50% berkat PNPM Mandiri.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri) terbukti efektif menekan sekitar 50 persen angka kemiskinan di Bantul. Penurunan tersebut terjadi selama lima tahun terakhir. Dana PNPM Mandiri sebagian besar untuk pembangunan infrastruktur dan kegiatan sosial ekonomi. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Abu Dzarin Noorhadi, Sabtu (3/7 2010).

Menurutnya, tahun ini dana stimulan dari pemerintah pusat yang digunakan untuk program kemasyarakatan adalah sebesar Rp 60 miliar. Kucuran dana PNPM Mandiri membuat ekonomi bisa bergerak. “Jika hanya mengandalkan APBD II, pergerakan ekonomi akan lamban karena sebagian anggaran tersedot untuk belanja pegawai,” katanya.

Dana stimulan tersebut disalurkan ke masyarakat dalam program PNPM Mandiri Pedesaan dan PNPM Mandiri Perkotaan. PNPM Mandiri mulai ada di Bantul sejak tahun 2006. Kucuran dana pertama sebesar Rp 40 miliar. MOU antara Bupati dan Dewan adalah syarat awal proses mendapatkan dana stimulan tersebut. “Kemudian dana yang sudah cair langsung diberikan kepada masyarakat untuk digunakan sesuai program-program yang disepakati,” paparnya.

Dalam PNPM Mandiri Perdesaan, dana yang dimaksud adalah dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM). Dana tersebut akan langsung masuk ke rekening kolektif masyarakat yang dikelola oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) yang berbasis di setiap kecamatan. Dana tersebut kemudian akan dicairkan masyarakat melalui tiga tahap 40%, 40% dan 20% sesuai perkembangan kegiatan yang dilaksanakan dan dikelola masyarakat. Kegiatan tersebut sebelumnya telah dimusyawarahkan dan diputuskan oleh masyarakat dalam berbagai forum musyawarah, baik di tingkat desa maupun kecamatan.

Hal serupa juga pernah diungkapkan Bupati Bantul periode 2005-2010, Idham Samawi. PNPM Mandiri, ungkapnya, terutama PNPM Mandiri Perdesaan sangat bermanfaat bagi kemajuan masyarakat dan wilayah perdesaan. PNPM Mandiri Perdesaan dapat menjawab kebutuhan masyarakat, karena masyarakat sendiri yang mengusulkan, melaksanakan dan mengelolanya. Terlebih, salah satu Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dari Bantul, tepatnya Imogiri, yakni Jazimah, menerima anugerah SiKOMPAK Award sebagai KPMD terbaik. (im)

Sumber: kompas.com

Kategori:04. Artikel Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: