Beranda > 04. Artikel > Penguatan Kelembagaan Penanggulangan Kemiskinan untuk Percepatan Penanggulangan Kemiskinan

Penguatan Kelembagaan Penanggulangan Kemiskinan untuk Percepatan Penanggulangan Kemiskinan


Rakor TKPK

KESRA — 15 Juni 2010.  Kemiskinan merupakan permasalahan bangsa yang mendesak dan memerlukan langkah-langkah penanganan dan pendekatan yang sistematik, terpadu, dan menyeluruh dalam rangka mengurangi beban dan memenuhi hak-hak dasar warga negara secara layak untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang bermartabat.

Dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, perlu dilakukan langkah-langkah koordinasi secara terpadu lintas pelaku dalam penyiapan perumusan dan penyelenggaraan kebijakan penanggulangan kemiskinan. Langkah-langkah tersebut diupayakan untuk melakukan penajaman di beberapa aspek, yang meliputi: penetapan sasaran, perancangan dan keterpaduan program, pengawasan dan evaluasi, serta efektifitas anggaran. Selain itu perlu dilakukan penguatan kelembagaan yang menangani penanggulangan kemiskinan baik di tingkat nasional maupun daerah

Untuk mendukung agenda  tersebut, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010, tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan yang merupakan penyempurnaan dari Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2009 tentang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan. Mengacu pada Pasal 1 butir 3 Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, di tingkat nasional dibentuk Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang keanggotaannya terdiri dari unsur pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan pemangku kepentingan lainnya di tingkat nasional. Di daerah dibentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dalam upaya mewujudkan kesamaan pandangan dan langkah yang dilakukan dalam percepatan penanggulangan kemiskinan secara sistematik pada tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, pada tanggal 14-16 Juni 2010, Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dalam lingkup koordinasi Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis Nasional Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi tahun 2010.

Sejalan dengan itu, penyelenggaraan Rakorteknas TKPK Provinsi 2010 kali ini bertujuan mensosialisasikan arah kebijakan serta strategi percepatan penanggulangan kemiskinan, mendalami prakarsa dan pengalaman daerah dalam melakukan upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, serta menyusun rencana kerja TKPK Provinsi Tahun 2010 dan Tahun 2011.

Perserta Rakorteknas TKPK Provinsi 2010 ini terdiri dari Sekreataris TKPK Provinsi Seluruh Indonesia, Pejabat Pelaksana Teknis TKPK Provinsi, Kementerian/Lembaga Anggota Kelompok Kerja Pengendali TNP2K dan para pemangku kepentingan TNP2K lainnya baik dari Organisasi Masyarakat Sipil dan Dunia Usaha.

Rakorteknas TKPK Provinsi ini dibuka oleh Sekretaris Eksekutif TNP2K pada tanggal 14 Juni malam dengan harapan dapat mewujudkan target percepatan penanggulangan kemiskinan sehingga melalui adanya pemahaman para pemangku kepentingan penanggulangan kemiskinan tentang arah kebijakan serta strategi dan program percepatan penanggulangan kemiskinan, adanya model kebijakan percepatan penanggulangan kemiskinan sesuai dengan karakteristik kemiskinan dan kapasitas daerah, terumuskannya isu-isu strategis berdasarkan wilayah yang tersinergi dengan Rencana Kerja TNP2K dan TKPK Provinsi serta tersusunnya Rencana Kerja TKPK Provinsi Tahun 2010 dan Tahun 2011. (tik)

Kategori:04. Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: